Isilah Waktu Luangmu

Orang-orang yang banyak menganggur dalam hidup ini biasanya akan menjadi penebar isu dan desas desus yang tidak bermanfaat. Itu karena akal mereka selalu melayang-layang tidak tahu arah, dan...
'Mereka rela berada bersama orang-orang yang tidak pergi berperang' (QS. At Taubah:87)

    Saat paling berbahaya bagi akal adalah manakala pemiliknya menganggur dan tak berbuat apa-apa. Orang seperti itu, bagaikan mobil yang berjalan dengan kecepatan tinggi tanpa sopir, pastinya akan oleng ke kanan dan ke kiri.

    Bila pada suatu hari kamu mendapatkan diri menganggur tanpa kegiatan, bersiaplah untuk bersedih, gundah, dan cemas!!
Karena, dalam keadaan kosong itulah pikiran kamu akan menerawang keman-mana, mulai dari mengingat masa lalu, menyesali kesialan masa kini, hingga mencemaskan masa depan yang belum tentu kamu alami. Dan itu akan membuat akal pikiran kamu tidak terkendali dan mudah lepas kontrol.

    Maka dari itu, yuk pada mengerjakan amalan-amalan yang bermanfaat yang lebih baik daripada terlarut dalam kekosongan yang membinasakan. Singkatnya, membiarkan diri dalam kekosongan itu sama halnya dengan BUNUH DIRI dan MERUSAK TUBUH dengan narkoba.

   Waktu kosong itu tak ubahnya dengan siksaan halus ala penjara China, meletakkan si narapidana dibawah pipa air yang hanya dapat meneteskan air satu tetes setiap menit selama bertahun-tahun.
   Dan dalam masa penantian yang panjang itulah biasanya seorang napi akan menjadi stress dan gila.


     Berhenti dari kesibukan itu kelengahan, dan waktu kosong adalah pencuri yang culas. Adapun akal tidak lain mangsa empuk yang siap dicabik-cabik oleh ganasnya terkaman kedua hal tadi, 'kelengahan' dan 'pencuri'.
     Karena itu ukhti,, bangkitlah. Kerjakan Sholat, baca buku, bertasbih, mengkaji, menulis, merapikan meja kerja, merapikan kamar, atau berbuatlah sesuatu yang bermanfaat.



    Bunuhlah setiap waktu kosong kamu dengan 'pisau' kesibukan. Dengan cara itu, dokter-dokter dunia akan berani menjamin bahwa kamu telah mencapai 50% dari kebahagiaan.


Allahu a'lam

Komentar

Postingan Populer